29 Des 2016

Tips Sederhana Menjual Jasa IT

Dari ngobrol bersama teman-teman, terutama rekan-rekan yang lebih muda, kebanyakan diantara mereka kesulitan menjual jasa, biasanya jasa instalai teknis. Ada yang bilang : "Sudah dikasih harga murah, kok masih ditawar, udah gitu, eh.. ga jadi di order lagi"

Beberapa saran berikut berdasarkan pengalaman saya sendiri, jadi bisa cocok dan tidak cocok dengan situasi anda.

1. Jika anda menjual jasa, berilah opsi pembanding. Misal jasa bikin website, jangan langsung "nodong" 500rb misalnya. Kasih opsi, 300rb , 500rb, 750rb, 1jt , beri keterangan yang jelas dan apa faktor PEMBEDA antar opsi itu.

2. Selain ada beberapa opsi, anda harus memberikan salah satu opsi sebagai RECOMMENDED. Utamanya ini adalah pilihan yang anda ingin client memilihnya. Beri penjelasan mengapa opsi itu adalah yang paling direkomendasikan, biasanya adalah perbandingan yang tepat antara harga dan layanan/fitur dan fitur-fitur itu berguna semuanya untuk pekerjaan client secara umum.

Selain opsi RECOMMENDED, anda bisa menyarankan client untuk opsi PREMIUM, biasanya layanan paling mahal. Peluangnya jika client adalah orang yang prefeksionis, maka biasanya dia akan memilih yang Premium, dan jika client adalah orang pada umumnya, maka dia akan memilih opsi yang Recommended. 

JANGAN pernah, mempromosikan paket EKONOMI ( yang paling murah), karena itu adalah opsi cadangan untuk mengakomodir client yang sensitif harga dan tidak seberapa memperdulikan kualitas. Tapi bukan berarti anda bekerja asal-asalan jika client memilih paket EKONOMI, tetap jaga kualitas.

Ini hanya trik pemasaran, bukan untuk menipu client dengan jebakan opsi, misal mempromosikan harga paket murah, dengan iming-iming ini itu, begitu client membelinya eh... ternyata tidak siap pake, client terpaksa (atau dipaksa) harus beli perangkat/layanan pendukungnya. Ujung-ujungnya client bayar lebih mahal juga hanya sekedar untuk menggunakan paket tersebut. Hal ini tidak baik untuk bisnis kedepannya.

3. Sisipkan Bonus dan Cross-Selling di opsi anda. 
Misal untuk paket recommended maka selain fitur-fitur yang sudah di cantumkan, client akan mendapat bonus hosting atau bonus mail server, dll secara gratis (meskipun sebenarnya biaya paket sudah termasuk biaya tambahan ini semua) . Atau jika client memilih suatu opsi, anda bisa menawarkan layanan jasa pendukung lainnya, misal desain logo, desain kartunama, kertas surat, amplop, atau jasa SEO, promosi, dll yang mendukung bisnis client yang memesan website ke anda.

4. Hindari menawarkan jasa atas nama PRIBADI/PERSONAL. Gunakan nama BADAN USAHA, meskipun anda belum mendaftarkan secara resmi (Tidak ada Akte, SIUP, dll) , tapi setidaknya ada nama badan usaha dan STEMPEL nya. Client lebih suka memilih berbisnis dengan badan usaha dibanding orang perorang, apalagi client perusahaan, organisasi, atau institusi. Gunakan format surat-surat resmi untuk penawaran, invoice, nota, kuintansi, dll yang berhubungan dengan bisnis anda.

Semoga Sukses  ;)


5 komentar:
Write comments
  1. ya bener jg sih, dukasih harga murah costumer malah mikir, sepertinya saran dari mas andi bisa diterapkan... makasih ilmunya...

    BalasHapus
  2. ya bener jg sih, dukasih harga murah costumer malah mikir, sepertinya saran dari mas andi bisa diterapkan... makasih ilmunya...

    BalasHapus
  3. Bisa di coba kang ilmunya.. hehehe

    BalasHapus
  4. thanks pa atas tipsnya, bisa membantu saya menjalankan jasa IT

    BalasHapus
  5. boleh dicoba nih ilmunya.


    Thanks pak andi

    BalasHapus

Silahkan beri masukan, kritik, dan sarannya.
Terima kasih