2 Agt 2015

9 Perusahaan Besar yang bermula dari Garasi


Banyak yang berfikir jika ingin membuka bisnis atau usaha harus sediakan kantor yang bagus dengan karyawan yang professional dan modal yang besar. Tidak harus begitu, bisnis yang Besar bisa jadi berawal dari sesuatu yang Kecil. 9 Perusahaan Besar yang memulai awal bisnisnya dari garasi rumah berikut ini adalah salah satu contohnya. Tekad, Ketekunan, dan Kerja Keras adalah modal yang sangat berharga untuk memulai bisnis, apapun bentuk bisnisnya.
Siapa saja mereka?

Mattel



Garasi Mattel


Tampak Dalam Garasi Mattel
Harold "Matt" Matson dan Elliot Handler mendirikan Mattel dari garasi mereka di California Selatan sebagai perusahaan bingkai foto di tahun 1945. Mereka lalu mengembangkan bingkai foto itu untuk menciptakan rumah boneka yang terjual sangat pesat. Mereka pun mengubah konsep penjualan ke mainan. Hari ini, Mattel Inc. adalah perusahaan mainan paling sukses di dunia!

Harley Davidson


Garansi Harley Davidson

Pada tahun 1901, William S. Harley (21) menyusun rencana membuat mesin kecil untuk menyalakan sepeda. Selama dua tahun berikutnya, Harley dan teman masa kecilnya, Arthur Davidson, membangun sepeda motor di gudang kayu teman mereka di Milwaukee, Wisconsin. Mereka resmi mendirikan Harley-Davidson pada tahun 1903 yang kini jadi merek sepeda motor yang paling terkenal di dunia.

Disney


Garansi Disney

Tampak Dalam Garansi Disney 

Sekitar 45 menit dari Disneyland Park di Anaheim, California, ada sebuah rumah di mana perusahaan Walt Disney bermula. Di tahun 1923, Walt Disney dan adiknya Roy pindah ke rumah paman mereka, Robert Disney. Di garasi untuk satu mobil itu mereka mendirikan studio pertama Disney. Mereka melakukan syuting komedi Alice yang merupakan bagian dari Alice's Wonderland. Saat ini, Disney adalah konglomerat media paling sukses di dunia.

Amazon


Garansi Amazon

Jeff Bezos mendirikan Amazon.com pada tahun 1994 sebagai toko buku online di garasinya di Bellevue, Washington. Dia menjual buku pertamanya pada bulan Juli 1995 dan mengeluarkan IPO (penawaran saham ke publik) dua tahun kemudian pada tahun 1997. Hingga kini Amazon merupakan toko online terbesar di dunia.

Hewlett - Packard (HP)


Garansi Hewlett-Packard

Tampak Dalam Garasi HP

Di tahun 1939, Bill Hewlett dan Dave Packard mendirikan HP di garasi Packard, Palo Alto, California dengan investasi awal sebesar 538 dolar AS atau sekitar 6,9 juta rupiah. Produk pertama mereka adalah osilator audio dan salah satu pelanggan pertama mereka adalah Walt Disney, yang membeli delapan osilator untuk mengembangkan sistem suara film Fantasia. Sekarang, HP adalah salah satu perusahaan terbesar di dunia.

Dell

Michael Dell

Michael Dell memulai bisnis komputernya pada tahun 1984 dengan modal awal sebesar $ 1.000, pekerjaan itu dijalankanya secara part time. Garasi kecil di rumahnya, merupakan kantor pertamanya mengkustomisasi pc pesanan pelanggan.

Pada paruh kedua tahun pertamanya, Dell telah menjual komputer senilai $ 80.000. Akhirnya ia keluar dari perguruan tinggi pada usia 19 tahun untuk menjalankan perusahaan secara full time.

Produk Dell saat ini, bukan hanya menjual komputer pribadi (PC), laptop, atau komputer server, melainkan juga media penyimpan, printer, smartphone, pemutar musik MP3, televisi plus berbagai jasa layanan komputer.

Google


Garasi Google

Sebagai mahasiswa S2 Stanford, Larry Page dan Sergey Brin memulai Google dari garasi Susan Wojcicki di California pada September 1998. Susan Wojcicki yang pada saat itu sedang dalam krisis keuangan menyewakan garasi rumahnya sebesar USD 1.700 per bulan.
Sekarang Google adalah perusahaan yang paling berharga di dunia.

Apple


Garasi Apple

Steve Wozniak dan Steve Jobs

Pada tahun 1976, Steve Jobs (21) dan Steve Wozniak (26), memulai Apple Computers dengan menjual 50 unit Komputar Wozniak's Apple I seharga 500 dolar AS (6,4 juta rupiah) untuk peritel lokal. "The Steves" dan tim kecil mereka merakit sendiri 50 komputer selama 30 hari dari garasi di Cupertino, California. Apple pun menjadi perusahaan teknologi paling berharga di dunia.

Microsoft


Bill Gates dan Paul Allen

Garasi rumah Bill Gates menjadi tempat pengembangan awal software yang menjadi cikal bakal Windows. Kala itu, Bill Gates mendirikan Microsoft bersama Paul Allen.

Saat ini, Microsoft Windows adalah sistem operasi komputer terpopuler di dunia. Bill Gates yang drop out dari Harvard University kerap dinobatkan sebagai salah satu orang terkaya di dunia.



Dikutip dari berbagai sumber


4 komentar:
Write comments

Silahkan beri masukan, kritik, dan sarannya.
Terima kasih