17 Agt 2013

Bagaimana mendapatkan uang dengan menjual produk bebas ( Jim Whitehurst - CEO Red Hat )

Bagaimana Red Hat mendapat lebih dari $ 1 miliar setiap tahun dengan menjual perangkat lunak bebas? Seperti yang mungkin anda bisa bayangkan, saya mendapatkan banyak pertanyaan tentang ini. Saya percaya hal itu bermuara pada dua hal: kami telah menemukan cara untuk memanfaatkan kekuatan dari model pengembangan open source sambil menambahkan nilai unik yang dibutuhkan oleh perusahaan. Kami membawa ide-ide terbaik dari puluhan ribu proyek open source kepada pelanggan kami - yang meliputi 90+ persen dari perusahaan Fortune 500. Kami "memperkuat" proyek-proyek komunitas yang sukses, dan menciptakan teknologi dimana perusahaan dan pemerintah merasa aman dalam menggunakannya. Meskipun komponen inti dari teknologi kami bersifat bebas, Red Hat membuat teknologi ini stabil, aman dan didukung untuk penggunaan bisnis.

Tapi, jika Anda belum pernah berpartisipasi dalam sebuah proyek open source atau terlibat dalam sebuah komunitas open source, bisa sulit untuk memahami konsep apa itu. Jadi, mari kita mulai dengan dasar-dasar. Dunia open source benar-benar semuanya tentang partisipasi - menginspirasi orang lain untuk berpartisipasi dalam proyek dan untuk membantu menemukan solusi terbaik.

Apakah berada di Amerika Serikat atau di luar negeri, kebanyakan orang akrab dengan American Idol. Meskipun bukan sebuah proyek open source atau komunitas, American Idol adalah contoh yang baik dari kekuatan partisipasi, dan bagaimana memahami kekuatan ini dan memberikan nilai tambah bisa menjadi sebuah  keuntungan. American Idol menyempurnakan seni dalam menginspirasi jutaan orang untuk bekerja sama menuju satu tujuan akhir - dan acara tersebut telah menghasilkan jutaan (dollar). Jadi, bagaimana Anda mendapatkan orang-orang untuk berpartisipasi dalam sesuatu secara gratis dan menghasilkan uang dari itu?

1. Harus ada alasan yang kuat untuk membuat suatu partisipasi.

AmericanIdol lebih dari sekedar pertunjukan bakat besar. Ini menyatukan orang-orang yang bertujuan sama dan pada gilirannya mengubah cara industri musik mencari artis baru. Menempatkan pencarian bakat baru ke tangan penggemar musiknya. Dan hal ini bekerja dengan baik karena  alasannya menyenangkan dan menarik: mengapa membiarkan industri musik di belakang layar memilih 'seorang bintang' , sementara anda sendiri dapat memilih bintang berikutnya?

Hal yang sama dapat dikatakan terjadi di komunitas open source. Pihak yang terlibat dalam open source memutuskan sendiri teknologi apa yang ingin mereka ciptakan. Mereka tidak ingin mempercayakan semua pekerjaan kepada para insinyur yang "duduk di belakang" perusahaan perangkat lunak proprietary (berpemilik).

Apakah bisnis Anda adalah untuk mencari bintang pop berikutnya atau untuk menulis perangkat lunak yang berjalan di kapal selam nuklir, jika Anda dapat membuat alasan kuat bagi masyarakat untuk berpartisipasi, mereka akan melakukannya.

2. Temukan cara untuk menghasilkan keuntungan ... bagi semua pihak yang terlibat.

Para kontestan, yang menginginkan publisitas dan kesempatan mendapat kontrak rekaman, secara sukarela tampil secara gratis. Keuntungan American Idol dari partisipasi itu sendiri. Jika pemirsa ingin memilih favorit mereka, mereka harus menyetel (TV) ke acara tersebut untuk melihat pertunjukannya. American Idol mendapat uang sampai jutaan dolar untuk iklan dan iklan yang berjalan sepanjang pertunjukan. Semua pihak dalam model ini menemukan keuntungan dalam berpartisipasi.

Hal yang sama bisa dikatakan untuk Red Hat. Seperti kontestan American Idol, kebanyakan kontributor open source melakukannya secara sukarela. Mereka berpartisipasi karena mereka percaya pada misi yang lebih besar - yaitu teknologi yang harus terbuka dan dapat dibagikan. Perusahaan menggunakan teknologi open source untuk mengatasi tantangan TI mereka karena teknologi ini cekatan dan fleksibel. Namun, perusahaan ingin memiliki keyakinan bahwa teknologi yang mereka jalankan ini aman dan berfungsi dengan baik. Red Hat menambahkan nilai dengan menyediakan bisnis yang stabil, dukungan solusi yang dapat diandalkan dan tangguh. Itulah sebabnya bagaimana Red Hat mampu menghasilkan uang dengan menjual produk gratis. Semua pihak mendapatkan keuntungan.

3. Hasil dari partisipasi lebih dari sekedar posisi menang-atau-kalah.

Salah satu hal menarik tentang American Idol adalah bahwa Anda boleh jadi menjadi yang kedua atau ketiga, tapi masih menang. Pemenang kedua dan ketiga dapat menjual jutaan rekaman. Jika Anda memiliki bakat dan cukup menarik bagi pemirsa, maka anda dapat menjual lagu yang anda rilis.

Hal yang sama dapat dikatakan tentang open source. Ada puluhan ribu proyek open source saat ini, dengan ratusan ribu programmer yang berkontribusi. Tidak semua proyek ini akan menjadi sebuah perangkat lunak mandiri, tetapi unsur-unsur dari proyek-proyek ini dapat ditemukan di seluruh solusi open source, termasuk Red Hat. Orang-orang yang terlibat dalam proyek-proyek open source tahu , kode mereka mungkin tidak akan muncul dalam produk komersial. Tetapi terlepas dari hal tersebut, kode mereka telah membantu mempengaruhi arah proyek, dan, akhirnya, wajah teknologi masa depan.

Namun, sekedar peringatan. Sementara American Idol mendapat kesuksesan yang begitu besar, suatu saat akan menemui "jalan yang bergelombang". Pemirsa telah menurun dan juri pun banyak yang hengkang. Hal ini disebut sebuah kerapuhan partisipasi. Tidak peduli apakah itu sebuah proyek open source atau American Idol, hanya karena orang telah berpartisipasi di masa lalu, bukan berarti mereka akan berpartisipasi di masa depan. Keterlibatan harus terus dipicu dan dipelihara agar partisipasi dapat dipertahankan.

Meskipun tidak semua orang dihadapkan dengan tantangan unik menjual produk gratis, sebagian besar perusahaan ingin meningkatkan partisipasi - baik itu dengan pelanggan, mitra atau dengan rekan-rekan mereka sendiri. Jika Anda ingin mendorong partisipasi, tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan ini:

1. Apakah ada alasan kuat bagi masyarakat untuk berkontribusi dan berpartisipasi?

2. Apakah model bisnis Anda menawarkan kesempatan bagi keterlibatan (pihak lain)?

3. Apakah semua pihak menemukan keuntungan dalam memberikan kontribusi?

Jika Anda dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan dengan "ya," Anda bisa berada di jalur yang tepat untuk mendorong partisipasi. Pada akhirnya, saya percaya bahwa model bisnis yang memanfaatkan kekuatan partisipasi akan melakukannya dengan baik dalam perekonomian berbasis informasi.


Terjemahan bebas dari Artikel "How to make money selling a free product"


Tidak ada komentar:
Write comments

Silahkan beri masukan, kritik, dan sarannya.
Terima kasih