12 Mei 2013

Membuat Website/Blog Professional dengan Biaya Murah (Bag-2)

BAGIAN II :  WEBSITE

Oke, domain sudah kita dapatkan. Sekarang saatnya membangun sebuah website sebagai tempat anda menulis blog atau memajang produk usaha di dunia Maya.

Anda bisa menggunakan fasilitas installer di Cpanel, misalnya Softacoulus, untuk membangun website berbasis CMS, bisa wordpress , joomla, drupal, dll.
Tapi hal ini tentunya memerlukan ruang/space hosting anda yang cukup. Semakin banyak isinya, semakin besar kapasitas hosting yang anda perlukan, dan akhirnya semakin banyak dana yang harus anda keluarkan untuk menyewa hosting berkapasitas lebih besar.

Alternatifnya adalah menggunakan Blogspot. Ya, fasilitas membangun blog gratisan dari Google ini cukup powerfull untuk membuat sebuah website yang indah, aman dari gangguan (setidaknya persoalan keamanan adalah urusan teknisi google , hehe.. ), bisa menggunakan domain sendiri, dan GRATIS!

1. Mendaftarlah di www.blogger.com . Jika anda sudah memiliki email Gmail sendiri, anda dapat menggunakannya untuk mendaftar disana. Jika belum, anda terpaksa harus registrasi akun baru.
Dalam contoh di artikel ini dan selanjutnya, saya akan menggunakan domain yang baru saja saya beli, yaitu aminovatif.com yang rencananya akan saya gunakan untuk memajang produk-produk inovatif yang akan dijual.

Dalam gambar, klik tombol Sign Up jika anda belum memiliki email google.
Isi Biodata seperti dibawah ini :

NOTE : isian Mobile Phone WAJIB anda isi sebagai verifikasi di google.

Pilih nama akun yang sesuai, dan coba alternatif nama lainnya jika akun yang anda kehendaki sudah dimiliki orang lain. Jika sukses dan akun tersedia untuk anda, maka tampilan akan berubah seperti dibawah ini :

Klik Back to Blogger, untuk meneruskan langkah membuat website.

2. Silahkan pilih salah satu antara Profil Google+ dan Profil Blogger. Saya mencontohkan memilih profil Blogger karena saya tidak memerlukan akun Google+


Lanjutkan dengan mengisi Nama Akun (bukan nama blog/website).


Lanjutkan ke Blogger.

3. Buat Blog Baru. Akun anda dapat digunakan untuk membuat beberapa Blog jika anda inginkan.


4. Langkah selanjutnya adalah memilih Judul Blog (dapat anda ganti sewaktu-waktu) , Alamat (hanya sekali pilih, tidak dapat diganti selamanya, dan tidak boleh sama dengan blog orang lain), serta Template standard.


5. Proses selanjutnya adalah Administrasi blog, anda dapat membuat postingan baru, halaman baru, ganti template, dsb. Saya tidak akan menjelaskan masalah ini, anda dapat mempelajarinya sendiri.


Template adalah yang utama. Anda dapat mendapatkan ribuan template yang diperbolehkan untuk diunduh dan di pakai secara cuma-cuma. Ketik keyword "blogger template" di google search. Silahkan dipilih yang sesuai, kemudian upload template baru di menu Template - Backup/Restore , kemudian upload template yang baru anda download tadi kesana.

Website kita sudah jadi 



Ada yang kurang? 
Yup, domainnya masih memakai domain gratisan ( www.aminovatif.blogspot.com) , terkesan tidak professional sebuah website memakai domain gratisan,,, hehehe...

Oke... mari kita mulai Sesi II , konfigurasi domain berbayar.
Masuk ke Dashboard Blog - menu Setelan - Dasar - Penerbitan (Lihat gambar dibawah)


Pilih Tambahkan domain khusus.

Pilih Alihkan ke setelan lanjutan


Isikan domain berbayar milik anda, awali dengan www , kemudian klik Simpan.


Anda menemui error seperti diatas? Jangan kuatir, itu bukan error , melainkan domain anda belum terverifikasi oleh Google. Catat (atau copas ke Text Editor) untuk tulisan yang saya lingkari diatas.

Langkah selanjutnya adalah membuka Cpanel Domain anda. Masuk ke masterkey atau ke cpanel langsung dari tautan http://domainanda.com/cpanel

Cari icon Advanced DNS Zone Editor .


Isikan DNS Zone sesuai permintaan Google tadi :


Lakukan sekali lagi untuk CNAME verifikasi domainnya.


Tunggu sekitar 15 menit sampai 30 menit untuk proses Propagasi DNS Server. Jika sudah, kembali ke Dashboard Blog tadi dan klik tombol simpan.


Jika sudah berhasil, maka tampil seperti dibawah ini :


Klik tombol Edit , dan centang Alihkan .... ke www ...  (Lihat gambar)


Selesai...!!!

Fuuuiiihhh,,, proses yang panjang. Sekarang anda dapat mengakses Website anda menggunakan domain sendiri. Dalam contoh saya akses menggunakan www.aminovatif.com . Terlihat indah, dan tentunya professional memakai domain sendiri.

Untuk menambah postingan dan perubahan lainnya, anda tetap melakukannya dari Dashboard blog yang diakses dari URL www.blogspot.com.
Ssstttt.... jangan bilang siapa-siapa kalo ini Website gratisan,,, hehehe...






1 komentar:
Write comments

Silahkan beri masukan, kritik, dan sarannya.
Terima kasih