12 Mei 2013

Membuat Website/Blog Professional dengan Biaya Murah (Bag-1)

BAGIAN I : DOMAIN 

Pernahkah anda terpikir untuk membuat website atau blog tapi terkendala biaya?
Biaya desain dan biaya berlangganan hosting dan domain. Disamping itu juga wajib diawasi dari gangguan Orang usil yang suka merusak web-web yang ada.

Tenang, sebentar lagi akan saya pandu trik dan tips nya membuat Website professional. Saya katakan professional karena website yang akan kita bangun akan menggunakan domain sendiri (misalnya www.warungkopi.com), dengan tampilan (themes) yang menarik dan terkesan elegan. Dengan ongkos yang cukup terjangkau kantong. Cocok untuk usaha personal atau UKM .


Domain adalah alamat website kita di dunia maya. Domain bisa juga digunakan sebagai pengenal diri kita, usaha kita, merek atau brand image. Bahkan beberapa domain cantik berharga sampai Miliaran rupiah. Semahal itukah harga domain?

Tentu saja tidak, secara normal Domain berharga sekitar Rp.100rb , tergantung dari jenisnya. 

Ada dua jenis domain, yaitu domain internasional dan domain lokal. Domain internasional misalnya .com , .net, .org, dll , sementara domain lokal misalnya .co.id , .or.id, .web.id, .biz.id, dll.
Domain lokal memerlukan syarat yang cukup ketat sebelum nama domain disetujui oleh regulator, diantaranya wajib mencantumkan fotocopi KTP, NPWP, SIUP, Akte, dll tergantung syarat yang diminta oleh masing-masing tipe domain lokal.

Oke, saya tidak akan membahas klasifikasi domain lebih dalam, karena kali ini kita akan langsung mempraktekkannya secara instan.
Tetapkan nama domain yang diinginkan (misalnya warungkopi, pojoksantai, gelartikar, dll), sesuaikan dengan isi web yang akan anda bangun nanti, apakah untuk blog pribadi, usaha perseorangan, atau UKM. Siapkan beberapa nama sebagai alternatif jika domain anda sudah ada yang punya.

Selanjutnya adalah mendaftar domain ke hosting. Saya merekomendasikan untuk mendaftar domain dan hosting di SINI
Cek domain anda, utamakan domain .com yang anda pilih, jika tidak ada, anda bisa memilih jenis lainnya, misalnya .net , .org , dll. Setelah domain sudah anda dapatkan, lanjutkan prosesnya dengan menambahkan hostingnya , pilih hosting Cpanel yang paling murah. Total hitungan belanja anda sekitar 100rb ( Domain + hosting Cpanel)

Selesaikan pesanan dengan membayarnya, dan anda akan mendapatkan email konfirmasi untuk user dan passwordnya.



2 komentar:
Write comments

Silahkan beri masukan, kritik, dan sarannya.
Terima kasih