9 Jul 2012

[REVISI 2012] Ebook Buku Hijau ClearOs 5.2 dan Ebook Dasar-dasar Jaringan Komputer



Tidak terasa sudah 2 tahun sejak Buku Hijau pertama kali diterbitkan (2010). Alhamdulillah tanggapan masyarakat sangat baik, dan ebook tersebut bisa menjadi panduan belajar Linux ClearOS bagi pemula sehingga bisa membuat dan membangun server Linux nya sendiri.

Untuk itu sebelum saya mulai menyusun Buku ClearOS 6, saya ingin membuat edisi revisi dari Ebook Buku Hijau ClearOS 5.2 dan Ebook Dasar-Dasar Jaringan, mengingat ClearOS 5.2 masih digunakan secara luas di kalangan masyarakat.
Beberapa materi saya tambahkan untuk meningkatkan kemampuan pembaca dan pengguna pemula Linux ClearOS dalam menguasai konfigurasi Server yang mudah tapi tetap powerfull ini.

TAMBAHAN Buku Hijau ClearOs 5.2 Edisi Revisi 2012
- Web Server
- FTP Server
- MySQL Database
- PHP MyAdmin
- Intrusion Prevention/Detection System
- Upgrade PHP
- Dynamic DNS ClearCenter
- Instalasi CMS Joomla!

Sekali lagi, "Tiada Gading yang tak Retak" , demikian juga dengan buku ini. Hal-hal yang dibahas dan diulas jauh dari sempurna dan sama sekali tidak bisa dikatakan lengkap. Oleh karena itu mari kita "upgrade" ilmu kita dengan saling berdiskusi dan berbagi bersama di Forum ClearOS Indonesia. Wujudkan masyakarat Indonesia yang melek IT tidak sekedar di omongan, tapi nyata di realita.

Edisi Revisi 2012

Artikel Terkait :



Tentang penulis :

Andi Micro adalah seorang penghobby teknologi, penulis, dan wirausaha yang bercita-cita mencerdaskan kehidupan bangsa.

Founder Komunitas ClearOS Indonesia serta Owner PT. Netsindo Sentra Computama ini dapat dihubungi di email : andi.micro [at] netsindo.com

10 comments:

Wachid DeWe mengatakan...

kalau mau cobak clearOS pilih yg mana pak (yg gratis)..???

clearOS comunity apa profesional soalnya masih galau ini...

download mp3 gratis mengatakan...

fungsi clearOS core untuk apa?
apakah sama fungsinya sama clearOS biasa?
cara setting untuk proxy servernya bgm?

Andi Micro mengatakan...

@Wachid : Pake aja ClearOS 6 Community atau ClearOS 5.2 Enterprise, keduanya gratis. Tapi kalo untuk perusahaan , saran saya pake yang berbayar seperti ClearOS Professional.

@Download mp3 gratis : ClearOS Core itu sama seperti RHEL atau CentOS, ada desktopnya dan masih mentahan, semua konfigurasi manual, ga ada webconfignya. Bisa jadi server atau jadi client. Cuma sayangnya pengembangannya macet jadi masih versi Alpha terus

Waan mengatakan...

wah nice share, kelebihan ClearOS dibandingin dengan Centos ama RedHat enterprise ?

Adam mengatakan...

Mas Andi, kok saya gagal trus mau install ClearOS (clearos-enterprise-5.2) .rpm nya selalu error, lalu saya ulang download di http://opensource.telkomspeedy.com:5432/furusato/files/iso/clearos-enterprise-5.2.iso

,alhasil tetap gagal, Install Starting > Starting Install process. This may take serveral minutes...

Selalu error .rpm nya corup katanya. Kalau dilihat di E-book (Buku Hijaunya, proses install kelihatan berapa % , kalau di saya tidak berjln prosesnya ,dan tiba2 selalu stuck error .rpm)

tolong bantuan nya mas andi, Nubie mohon petunjuknya.

Terimakasih.

Andi Micro mengatakan...

@Waan : secara sumbernya sama aja dengan CentOS dan RHEL (karena ClearOS turunan dari RHEL), tapi ada fitur2 yang ditambahkan, contohnya Webconfig yang merupakan fitur konfigurasi berbasis web buatan ClearOS sendiri. Selain itu secara default ClearOS sudah terkonfigurasi siap pakai, beda ama RHEL/CentOS yang masih mentahan, alias harus konfigurasi mulai dasar.
Tambahan lainnya , di ClearOS sistem modular, jadi kalo mau install web server, ga perlu install satu2 apache, php, dll, langsung pilih modul Webserver, keinstall semua via Cloud sistem Clearcenter.

@Adam : jangan ambil iso dari furusato, ambil langsung dari Clearfoundation (http://clearfoundation.com)

mu'ammal hamidy mengatakan...

salam masbroo
kira2 untuk print server bisa ngak yahhh ???
kira2 dukungan untuk drivernya gimana nichh masbroo... ??
makasih sebelumnya
wassalam

moses praditya mengatakan...

saya sudah berhasil install ClearOS 5.3, dan sudah berhasil jalan
tapi yg saya aneh kalo saya buka dengan https:// stusnya bisa dibuka walaupun content filter sudah berjalan dan ip address sudah saya masukan daftar banned user

mohon pencerahannya

eXPerience COMPuter mengatakan...

Mas Andi, kok saya gagal trus mau install ClearOS (clearos-enterprise-5.2)file samba-common-3.5.5-1.1.v5.i386.rpm nya selalu error, lalu saya ulang download di http://download.clearfoundation.com/clearos/enterprise/5.2/iso/clearos-enterprise-5.2-service-pack-1.iso

,alhasil tetap gagal, Install Starting > Starting Install process. This may take serveral minutes...

Selalu error file samba-common-3.5.5-1.1.v5.i386.rpm nya corup katanya. Kalau dilihat di E-book (Buku Hijaunya, proses install kelihatan berapa % , kalau di saya tidak berjln prosesnya ,dan tiba2 selalu stuck error .rpm)

tolong bantuan nya mas andi, Nubie mohon petunjuknya.

Terimakasih.

eXPerience COMPuter mengatakan...

sudah terinstall mas Andi, ternyata OS windows dan software burning saya rusak, saya coba burn ulang clearos-enterprise-5.2-service-pack-1.iso dengan cpu lain dikantor dan ternyata sukses.

TerimaKasih sebelumnya

Poskan Komentar

Silahkan beri masukan, kritik, dan sarannya.
Terima kasih