19 Okt 2011

TIPS : Mulai Menggunakan Linux ( beginner only )

 

Banyak yang membahas cara-cara mempelajari linux dan migrasi ke linux atau opensource. Tapi saya tergelitik untuk menuliskan sedikit tip dan trik cara belajar Linux mulai dari dasar. Semoga bisa membantu rekan-rekan yang ingin bermigrasi mempelajari atau memakai linux dalam kegiatan sehari-hari...

Ikuti langkah demi langkahnya, dan jangan coba-coba membypass, meskipun anda merasa sudah ingin memakai linux.

Tahap 1 : Kenali si Penguin.
Saya asumsikan anda sudah akrab dengan Sistem Operasi Microsoft Windows (baik yang bajakan maupun yang original) Sebelum anda pindah atau mencoba linux, coba cari info dulu sebanyak-banyaknya tentang Linux. Apa itu linux , bagaimana wujud asli linux,bagaimana model partisi datanya, bagaimana file systemnya, dsb. Anda bisa berkunjung ke stand pameran, atau beli majalah, atau tanya ke paman google, dan cara yang paling mudah adalah Silaturrahim ke rumah teman yang sudah memakai linux.Bawakan oleh-oleh dan cemilan untuk begadang akan membuat teman anda bersuka hati untuk menjelaskan apa itu Linux kepada anda. Ingat, dalam tahap ini anda JANGAN pernah menginstall linux langsung ke komputer atau laptop anda. Jangan biarkan rasa kagum anda dengan tampilan Linux yang aduhai merusak rencana belajar kita ini. Anda cuma mencari informasi tentang Linux. That's it, no more...

Tahap 2 : Lirik-lirik Distro
Yup, Linux terdiri dari ratusan distribusi atau nama kerennya adalah distro. Distro linux banyak sekali dan masing-masing distro dibuat dengan tujuan tertentu yang berbeda-beda.Secara umum di dunia linux ada 3 keluarga besar mafia.Keluarga RedHat, Keluarga Debian, dan Keluarga Slackware.
Ratusan distro yang ada sekarang ini sebagian besar adalah turunan dari 3 keluarga besar itu. 
Saatnya melirik-lirik dan PDKT dengan distro linux. Sebagai dasar, pilih distro linux yang berlabel  for beginner, newbie, end user.

Anda bisa mencarinya di DistroWatch, jalan-jalan ke Forum/website nya, intip wall Facebook komunitasnya, dsb. Cari tahu apa fitur-fitur masing-masing distro itu. Sesuaikan dengan kebutuhan yang anda cari. Misal pekerjaan anda banyak berkutat di aplikasi office, maka pastikan distro yang anda incar itu memuat aplikasi openoffice atau libreoffice, jika anda berkutat dengan dunia grafis, maka pastikan distro itu memuat aplikasi-aplikasi grafis yang mampu menggantikan aplikasi grafis yang biasa anda pakai. Bandingkan secara obyektif, antara kemudahan yang ditawarkan dan fitur-fitur yang anda perlukan. Jangan memilih distro Linux karena tampilannya semata, utamakan fiturnya.So... pilihan ditangan anda, jangan biarkan teman, sahabat, bahkan pacar sekalipun mempengaruhi obyektifitas anda.
INGAT : Dalam tahap ini saya masih MELARANG anda untuk langsung menginstall distro linux tersebut.

Tahap 3 : Tentukan pilihan.
Puas melihat tampilan dan performa masing-masing distro linux? Sudah anda catat aplikasi apa yang paling anda perlukan?

Jika sudah, saatnya menentukan pilihan. Pilih distro yang paling sesuai dan paling memenuhi kebutuhan anda. Siapkan komputer atau laptop sebagai kelinci percobaannya. Backup semua file-file penting yang ada disana. Lebih baik anda semalaman mengcopy data daripada kehilangan hanya dalam hitungan detik.
Buka kembali catatan anda mengenai partisi dan file system di linux. Sediakan partisi kosong atau paling aman, harddisk kosong sebagai kandang si penguin ini. Siapkan semua peralatan seperti CD/DVD dan playernya. Burning ISO Linux di media CD/DVD yang berkualitas bagus. Jangan pelit, ingin hati menghemat 2rb - 3rb perak , tapi justru akan membuat anda stress jika media instalasi mengalami corrupt atau file error.
Lakukan instalasi hanya disaat anda mempunyai waktu luang, karena instalasi Linux tidak bisa dilakukan secara tergesa-gesa atau diselingi kegiatan lain (kecuali merokok dan minum kopi  ;) )

Saran saya untuk anda yang baru pertama install linux, JANGAN PERNAH mencoba install linux di virtual system seperti VMware atau VBox. Modali sedikit untuk beli harddisk second atau komputer lain.

Tahap 4 : Start the engine..!
Lakukan instalasi. Baca peringatan dan keterangan di setiap langkah instalasi. Jangan install linux memakai sistem Rambo, jangan asal menghambur-hamburkan pelor, alias tekan next..next..finish.

Baca..baca..dan bacalah... Panduan instalasi dari blog, website, dan ebook yang dibuat oleh rekan-rekan yang sudah berhasil menginstall linux tersebut, merupakan pedoman yang sangat membantu anda.
Laptop atau komputer pendamping yang terkoneksi ke internet adalah partner yang tepat. Jika anda bingung dengan keterangan di suatu tahapan instalasi, jangan diteruskan. Cari dulu di internet apa itu maksudnya. Jangan pernah melakukan instalasi dalam kondisi stress atau frustasi. Baru diputusi pacar, cekcok dengan teman, atau diburu-buru penagih hutang , adalah situasi yang sangat tidak disarankan untuk memulai instalasi linux. Lakukan tahap demi tahap, langkah demi langkah. Jangan sampai timbul pertanyaan "Apa tadi yang gue pencet?" di hati anda setelah melewati beberapa tahap instalasi.

Tahap 5 : Selamat! Anda mendapat masalah.
Selesai....  fuuiih... leganya. Eits... driver VGA tidak terdeteksi, Wifi mati, aplikasi macet, dan ada tulisan "Kernel panic!"
Jangan buru-buru membanting komputer anda. Please, sit back and relax (saran yang bagus dari Microsoft Windows untuk anda yang sedang meng install Linux)

Catat apa saja yang error. Klasifikasikan dari tingkat terberat sampai tingkat yang paling ringan. Jangan berfikir borongan, ambil satu dulu dan cari solusinya. Sisanya? anggap tidak ada masalah. 
Persoalan sederhana yang membuat anda frustrasi adalah keinginan anda untuk menyelesaikan SEMUA masalah dengan cepat. Alih-alih masalah selesai, yang ada malah anda yang menjelang gila. Hati-hati....
Dapat satu masalah yang paling penting? Mari kita telusuri. Dokumentasi di website distro linux yang bersangkutan adalah hal pertama yang harus anda baca. Cari pemecahan masalah disana. Baca perlahan-lahan dan cari subject yang sesuai atau mendekati dengan permasalahan teknis yang menimpa anda.

Belum ketemu solusinya? Silahkan jalan-jalan ke forum. Langkah pertama adalah baca aturan di forum tersebut, kemudian isi thread perkenalan disana, kemudian gunakan fasilitas pencari disana untuk menemukan solusi masalah anda. Baca-baca semua thread yang membahas masalah teknis anda. Jangan langsung bertanya. Jika yang anda tanyakan sudah banyak dibahas sebelumnya di forum tersebut, maka siap-siap anda dicaci maki dan dikecam ramai-ramai oleh penghuni forum. Jelas hal ini akan mengurangi nilai diri anda dimata mereka. Jika benar-benar masalah anda belum pernah dibahas dan belum ada solusi, silahkan ditanyakan. Bertanyalah yang sopan,persuasif, to the point, dan sertai dengan data-data yang aktual. Pertanyaan anda dijawab atau tidak dijawab adalah hak dari setiap penghuni forum, dari sini anda cuma bisa berharap. Jangan marah atau menjelek-jelekkan suatu komunitas atau produk, jika anda tidak mendapat solusi apapun disana. Cari lagi forum diskusi yang lain. Jangan pernah melakukan PM atau email ke Admin atau Moderator di forum yang bersangkutan. Mereka akan berfikir " Siapa sih elo!?" dan segera mengirim email anda ke tong sampah.

Tahap 6 : Saatnya berbagi
Linux anda sudah berjalan sempurna, aplikasi-aplikasi dan driver pun sudah terinstall dengan baik dan anda mulai mencoba belajar menggunakannya untuk pekerjaan sehari-hari?

Selamat..!
Kini saatnya untuk berbagi. Anda asalnya tidak bisa, menjadi bisa berkat bantuan rekan-rekan yang lain. So.. sudah saatnya balas jasa. Silahkan bikin tutorial atau tip dan trik konfigurasi Linux tersebut.

"Waaakss... ini aja masih baru mencoba, masih newbie bro..."

Saya tahu pikiran anda, tapi untuk berbagi tidak mengenal newbie atau master. Coba anda telusuri kembali masalah yang menimpa anda sebelumnya, catat langkah-langkah yang anda lakukan sampai masalah itu akhirnya terpecahkan. Muat di blog pribadi, posting ke facebook atau google+, atau buat thread di forum diskusi tentang hal ini. 

Atau sembari anda bermesraan dengan distro linux baru anda, silahkan anda catat apa-apa saja yang sudah anda lakukan untuk membuat tampilan distro anda menjadi "gue banget".
Anda baru saja menginstall suatu aplikasi yang berguna untuk pekerjaan anda, nah info dan langkah instalasinya saya rasa adalah hal yang sangat berharga untuk dibagi dengan yang lain.
Dengan berbagi informasi anda akan mendapatkan masukan berharga juga, suatu fitur yang sebelumnya tidak anda ketahui, kemungkinan di ketahui oleh rekan-rekan yang lainnya, yang mereka dulunya mencoba instalasi berkat bantuan tutorial dari anda. Dan banyak hal-hal lainnya dari saling berbagi ilmu dan pengalaman ini.

Yup.. itulah langkah-langkah yang bisa saya sarankan untuk anda yang baru pertama ingin mencoba mencicipi nikmatnya memakai Linux. Seperti biasa : "Segala resiko dan kerusakan yang timbul akibat mengikuti saran saya diatas adalah tanggung jawab anda sendiri, dan jangan salahkan Linuxnya atau salahkan saya "
Semoga berhasil... saya tunggu tutorial dari anda....


11 komentar:
Write comments
  1. mas andi micro, saya mau minta saran untuk pemilihan linux, saya bener2 dan bener2 awam untuk linux, bahkan untuk windows pun saya juga tidak menegerti, hahaha, rencana nya saya mau bikin warnet dan game station, 10 unit pc untuk browsing, dan 15 unit untuk game online, program yang biasanya di gunakan ms. office, mozzila, pdf, printer pokoknya untuk keperluan email dan browsing deh :). nah untuk game online saya tanya orang IT di kantor saya katanya linux banyak tidak support untuk game2 online di indonesia, seperti yg sedang hot2nya Point blank, ran online, dll. mohon saranya mas andi micro untuk pemilihan linux yang pas buat warnet saya nanti, kalau mas andi berkenan tolong kirimin tutorial untuk instalasi warnet linux, karena rencana yang akan instalasi adek saya yang sedang kuliah jurusan SI, biar bisa buat belajar dia juga dan hemat ongkos :D. makasih mas andi micro

    BalasHapus
  2. Linux ga bisa dipake game online Windows, karena beda arsitektur. Meskipun pake emulator juga ga sempurna, harusnya produsen game online juga membuat installer yang untuk linux. Sayangnya game online yang beredar di indonesia ini hanya untuk installer Windows.

    Linux untuk pemula yang cukup mudah bagi saya adalah Linux Kororaa, ini sudah saya buatkan ebook panduannya lengkap mulai nol dan penjelasan langkah-perlangkah dengan panduan gambar.
    Silahkan dicoba
    http://www.andimicro.com/2012/01/ebook-panduan-instalasi-dan-konfigurasi.html

    BalasHapus
  3. misi kang saya mau nanya, saya mahasiswa baru dalam bidang IT, dan saya banyak mendengar rata" orang IT lebih banyak memakai linux ketimbang windows, sejak mendengar itu saya ingin beralih untuk belajar tentang linux, nah saya sudah membaca beberapa info bahwa linux beragam" dan tingkat kesulitannya itu berbeda", saya ingin bertanya linux apa ya kang yang cocok buat saya? (untuk pemula lebih tepatnya) dan juga sering digunakan dalam pembuatan program (coding), baik bahasa C, C++, pascal, atau bahasa lainnya, makasi banyak kang

    BalasHapus
  4. sangat bermanfaat sekali untuk pemula seperti saya mas :)

    BalasHapus
  5. sebagai pemula kaya ane, ini tips yang bagus bang, makasih banget :)

    BalasHapus
  6. Bagus gan,, enak bacanya kaya ngobrol ma teman,, udah gitu dapet ilmu lagi,,, thx bro :D

    BalasHapus
  7. kalau game2 online, yg menggunakan GameShield agk susah konfigurasi'a,
    juga klu Linux utk game dari windows, kan harus pake emulator Wine, jadi performa grafis game'a juga lebih menurun,
    so, think again

    BalasHapus
  8. @Nana Usami : Itu kalo melihat dunia komputer cuma sebatas game. Tidak semua orang menggunakan komputer untuk game, malah sebagian besar untuk "cari uang" alias bekerja. Jika enjoy dengan Windows, silahkan pake yang original. Jika memerlukan kestabilan dan keamanan OS Linux, maka mau ga mau harus belajar Linux.

    BalasHapus
  9. ehehehe
    postingan saya itu bukan bermaksud menyudutkan Linux kok mas,,
    tapi buat mas yg di komentar pling atas, krna Linux blum baik utk nge-game online,, :)


    kalaupun utk game online, hanya DOTA2 sja yg bgus utk Linux, juga game itu mendunia kok,,,

    BalasHapus
  10. yg akun nana usami itu sya mas,,
    akun yg itu udh org laen yg make :)

    BalasHapus
  11. @Misaki : Gpp mbak, memang kenyataan masih banyak Game di Windows di banding di Linux kok (terutama game online di Indonesia), jadi memang tidak perlu harus semua2 pake Linux, kalo mau game, pake saja Windows. Seperti tulisan saya disini Linux & Opensource : Sebuah SOLUSI atau PENGGANTI
    Linux itu sebuah solusi, bukan sekedar replacement dari Windows. Selama keduanya bisa dipakai optimal untuk pekerjaan, kenapa tidak. :)

    BalasHapus

Silahkan beri masukan, kritik, dan sarannya.
Terima kasih