1 Jul 2011

Anda perlu forum diskusi atau konsultan IT ?

 

Jika anda terlibat dalam urusan di dunia IT, pasti suatu saat anda akan menemui masalah teknis disana. Ada dua tempat anda dapat mencari solusi. Di forum diskusi yang gratis dan di konsultan IT berbayar. Meskipun sama-sama sebagai sumber pemecahan masalah teknis, tapi anda sebaiknya mengetahui, kapan anda membutuhkan solusi dari forum diskusi, dan kapan anda harus membayar jasa konsultan IT.


Forum Diskusi
Forum diskusi dibentuk sebagai wadah untuk saling tukar menukar informasi dan tempat belajar bersama-sama secara online diantara anggotanya. Forum diskusi memungkinkan anda bertanya dan menjawab pertanyaan yang ada disana. Semua aktifitas disana, dilakukan secara sukarela dan tanpa ada bayaran apapun. Satu-satunya penghargaan yang diperoleh karena membantu anggota yang lain adalah peringkat dan award signature.

Forum diskusi memiliki anggota-anggota yang terdiri dari latar belakang pendidikan, pengetahuan, pekerjaan, dan banyak hal yang berbeda satu sama lain, oleh karena itu solusi yang ada disana kadang sangat membantu, tapi bisa juga melenceng jauh dari pertanyaan yang disampaikan.

Setiap forum diskusi memiliki aturan main yang berbeda-beda, pastikan anda baca dan patuhi.Selayaknya dalam komunitas, sikap dan kelakuan anda selama berpartisipasi dalam forum diskusi menentukan posisi anda. Akan banyak anggota yang menghormati anda jika anda aktif berpartisipasi dan menolong anggota lain yang membutuhkan solusi, sehingga jika suatu saat anda membutuhkan pertolongan, maka anggota yang lain akan dengan senang hati membantu anda dengan prioritas utama.Sebaliknya, anda akan dicuekin jika anda selalu melakukan Hit and Run di forum diskusi, anda hanya mau mendapat solusi masalah anda sendiri, dan kabur begitu masalah sudah terpecahkan.Hargailah orang lain, maka mereka juga akan menghargai anda.

Konsultan IT
Sesuai dengan namanya, konsultan IT adalah tempat anda bisa berkonsultasi seputar masalah teknis IT anda. Konsultan IT bisa berupa lembaga berbadan hukum maupun perseorangan. Konsultan IT juga memiliki spesialisasi bidang-bidang apa saja yang dilayani, jadi pastikan memilih konsultan IT yang tepat sesuai masalah anda.

Kapanpun anda butuhkan , konsultan IT akan sedia melayani anda, dan karena mereka memiliki skill diatas rata-rata, maka saran dan solusinya lebih bisa mengena. Satu hal tentang Konsultan IT, jasa mereka tidak gratis, jadi pastikan anda perhatikan tata cara memperoleh jasa mereka dan besarnya ongkos jasa yang harus anda bayarkan.

Pilih mana?
Sama-sama sumber solusi, tapi berbeda dalam perlakuan. Berikut adalah contoh situasi dimana anda baiknya memilih forum diskusi atau mebayar konsultan IT untuk solusi masalah anda.

1. Anda tertarik untuk oprek sesuatu sekedar menambah pengetahuan anda, anda punya waktu luang yang lebih, dan peralatan yang cukup. 

Saran :
Jika menemui masalah, anda bisa bergabung dengan forum diskusi, perkenalkan diri anda, dan patuhi aturan main yang ada. Baca postingan yang ada disana terlebih dahulu sebelum bertanya , jika dirasa belum ada solusi yang pas, maka bertanyalah dengan sopan dan sertakan data-data pelengkap yang cukup . Ingat, tidak semua anggota forum diskusi adalah paranormal dengan indera keenam, sehingga jika pertanyaan anda tanpa disertai data dan kronologis yang memadai, jangan salahkan mereka, jika anda dihujani sumpah serapah, minimal anda akan dicuekin. Berikan feedback dari solusi yang mereka berikan, sehingga semua bisa tahu, mana solusi yang tepat untuk anda, dan luangkan waktu sejenak untuk membantu yang lain yang memiliki masalah yang sama dengan anda. Jangan pernah mengharapkan anda bisa pintar dalam waktu semalaman , No pain, no gain , jangan pernah putus asa untuk membaca dan mencoba.

2. Anda ingin memperbaiki sistem IT diperusahaan agar lebih baik.

Saran :
Jika hal tersebut tidak seberapa penting, maka anda bisa bertanya jawab di forum diskusi. Anda bisa mencoba saran dari anggota-anggota yang lain disana, dan jangan lupa untuk membalas solusi mereka dengan hasil yang anda dapatkan dari mencoba, lebih baik lagi, jika anda sudah menguasai permasalahan tersebut, hendaknya anda juga berusaha membantu anggota lain yang kesulitan.

3. Anda diperintah oleh bos untuk memperbaiki sistem IT perusahaan yang baru.

Saran :
Jika anda menguasai dasar-dasarnya dan memiliki banyak waktu sebelum deadline dan tidak putus asa dalam mencoba, maka silahkan berpartisipasi dalam forum diskusi yang terkait. Tetapi jika deadline sudah didepan mata dan kepala anda sudah pusing tujuh keliling, maka ada baiknya angkat telpon dan segera hubungi konsultan IT yang bonafid. Meneruskan bertanya di forum diskusi dengan keadaan anda yang stress sangat tidak disarankan. Anda akan condong untuk marah-marah dan mengungkapkan kekesalan anda di forum, dan karena anggota lain juga sudah punya masalah sendiri, maka mereka akan cenderung mengucilkan anda, bahkan jika anda sudah emosi dan menulis yang kurang etis, admin akan mem banned anda, dan tamatlah karier anda di forum diskusi tersebut.

4. Anda dapat proyek instalasi IT

Saran :
Anda bisa mencoba diskusi di forum dengan catatan anda tidak memaksa anggota lain untuk menjawab pertanyaan anda. Pertanyaan seperti : " Adakah yang bisa memberi saya solusi untuk masalah diatas dengan detail dan langkah perlangkah? " , adalah pertanyaan konyol yang tidak layak di posting. Anda akan dicap sebagai orang yang mau enaknya sendiri dan hanya mau dapat solusi tanpa memberikan kontribusi.
Jika proyek itu adalah proyek yang memilik profit besar, memerlukan keahlian teknis tinggi yang tidak/belum anda kuasai, dan membutuhkan penyelesaian secara cepat, maka konsultan IT adalah tempat yang layak anda datangi. Client menginginkan kesempurnaan dari pekerjaan instalasi yang anda lakukan, dan ini berkaitan dengan masalah hidup matinya perusahaan client, jadi sangat beresiko jika anda buat coba-coba.

5. Anda memperoleh tugas dari dosen tentang permasalahan IT

Saran :
Cobalah bergabung di forum diskusi. Satu hal yang penting diperhatikan, jangan jadikan forum diskusi hanya sebagai media bertanya untuk menyelesaikan tugas anda, sebagai anggota, anda memiliki hak dan kewajiban. Bantulah rekan-rekan yang lain disana, minimal anda bantu dengan memberi link ke postingan yang dapat menjadi pemecahan bagi kesulitan mereka. Jangan pernah jadi mie instan. Anda tahu tipe mie instan? Itu adalah tipe orang yang selalu bertanya pemecahan solusi tanpa pernah mau mencoba atau berusaha terlebih dahulu. Orang-orang bertipe mie instan tidak mau membaca postingan anggota yang lain disana, mereka hanya datang disaat mereka ada masalah, dan mereka hanya punya satu tujuan, menyelesaikan masalah mereka sendiri tanpa peduli dan ingin berkontribusi di forum diskusi. JAdilah mie instan dan siap-siap lah didamprat dan dikucilkan anggota yang lain.
Konsultan IT?  please deh,,, anda dalam posisi belajar, jadi jangan suka jalan pintas.

6. Sistem jaringan di warnet anda kacau, dan sejak kemarin sudah tutup.

Saran :
Silahkan cari solusi di forum diskusi terlebih dahulu, dengan catatan kepala anda masih dingin dan anda bisa ikhlas menerima cobaan yang menimpa anda ini. Jangan jadikan forum diskusi sebagai tempat curhat tentang perasaan anda, cukup carilah solusi teknis masalah anda, anda tidak perlu mengungkapkan betapa anda stress dan bersedih hati karena cuma warnet anda yang tutup, dan pelanggan sudah mulai pindah tempat duduk diwarnet tetangga.Sediakan waktu yang cukup untuk mencoba berbagai saran dan solusi dari forum diskusi, dan jangan pernah lelah untuk mencoba.
Terlalu ribet? Saatnya anda cek keuangan anda, dan bersiap-siaplah untuk mencari informasi tentang kontak person Konsultan IT yang tepat disekitar daerah anda.

7 komentar:
Write comments
  1. waw .. nice artikel .. ijin sundul ..

    ane nubitol di dunia IT .. ane cuma mau quote kata" user kaskus, dia bilang "kalo mau jadi orang IT, ente harus mau belajar seumur idup"

    sama halnya dengan artikel diatas tadi .. nice. :D

    BalasHapus
  2. melihat tulisan ini ,, saya tergerak untuk pasang internet di rumah , selama ini cuma jadi anggota forum yang hit run karena koneksi dari warnet (kalo ada uang hit kalo gak ada run), itupun ga pernah bertanya , cuma belajar dari kasus yang sudah ada .

    inspirasi nih .


    fujisan

    BalasHapus
  3. Bang, kok forum clearos tidak bisa di buka?
    muncul tulisan account suspended? padahal perlu pencerahan nih.... terimakasih

    BalasHapus
  4. Terima kasih atas masukan dan komentarnya.
    Yup, yang penting bagaimana cara kita menempatkan sesuatu pada tempatnya. Forum diskusi adalah sumber ilmu dan rujukan utama, tapi yah itu tadi. Disana ada beberapa aturan yang tertulis dan tidak tertulis tentang bagaimana cara kita berinteraksi, karena semua yang terlibat disana melakukannya secara sukarela dan tanpa pungutan biaya apapun,jadi wajar komunikasi yang terjalin tergantung mood.

    Lain halnya dengan konsultan, yang memang untuk semua saran dan solusi yang diberikannya, mereka memungut bayaran, timbal baliknya mereka lebih professional dan fokus dengan pemecahan masalah kita.

    Untuk website COSI masih dalam tahap migrasi ke VPS.

    BalasHapus
  5. Betul sekali mas andi.... saya perlu belajar banyak neh dari postingan2 mas andimicro... salam kenal, kita satu pulau mas... kalimantan...

    BalasHapus
  6. Salam kenal mas Araikokoko ^_^

    BalasHapus
  7. salam kenal nih, sebagai pemula, kayaknya ane juga harus banyak belajar ni :)

    BalasHapus

Silahkan beri masukan, kritik, dan sarannya.
Terima kasih